Intip Yuk kopdarnya ARPAC di TAIWAN

ARPAC TAIWAN

 Kopdar ( Kopi darat ) atau jumpa mitra adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan ARPAC ( Anak Rantau Pacitan ).

Berawal dari kopdar inilah akhirnya sebuah pertemuan kecil yang pada awalnya hanya didatangi oleh beberapa orang saja, kini menjadi sebuah pertemuan yang sesekali bisa didatangi oleh ribuan anggota.

ARPAC sendiri membagi  kegiatan kopdarnya menjadi beberapa bagian dan waktu.

Menurut Bagiannya, Kopdar dibagi menjadi beberapa tempat. 
Tempat tersebut dipisah menjadi per wilayah.

Tiap wilayah mengadakan kopdar sendiri ditempat nya masing masing.
Tujuan diadakanya kopdar per wilayah adalah memberi kesempatan bagi anggota atau siapapun yang mau  bergabung dengan ARPAC supaya tidak jauh dari lokasi dimana mereka tinggal.

Menurut Waktunya, kopdar dilaksanakan siang dan malam hari.
Jika malam hari, kegiatan kopdar dimulai dari jam  20.00  sampai  23.00 dan kebanyakan dilaksanakan dimalam minggu. Tetapi untuk Wilayah Tangerang Selatan, kopdar dilaksanakan pada malam Sabtu.
Kesepakatan untuk menentukan jadwal diadakannya kopdar pada malam hari adalah hasil kesepakatan bersama,  dengan pertimbangannya  adalah kebanyakan anggota mempunyai waktu senggang pada  malam minggu dan keesokan harinya libur.  untuk minggu  siangnya adalah waktu buat keluarga,  baik yang  akan  jalan jalan maupun dirumah saja.

Untuk beberapa wilayah, kopdar dilaksanakan pada Minggu siang. Hal ini juga merupakan hasil kesepakatan dari anggota wilayah tersebut. Bahwa kebanyakan mereka mempunyai waktu senggang di hari minggu siang.

Selain  perwilayah, Arpac juga mengadakan kopdar seluruh anggota nya. 
Kopdar ini biasanya didatangi oleh anggota arpac  se Nusantar baik di dalam maupun diluar kota .


Jika di Indonesia atau didalam negeri, kopdar merupakan hal yang sering dijumpai, karena akses dan waktunya yang gampang untuk melaksanakannya.

Tetapi, bagaimana kopdar ARPAC yang dilaksanakan diluar negeri sana ?
Selain di Indonesi atau Nusantara, Anggota Anak Rantau Pacitan juga ada yang berada di Luar Negeri.
Tetapi untuk mengawali mengadakan kegiatan kopdar atau jumpa teman sesama anggota arpac diluar negeri tidak lah gampang.
Selain jarak yang jauh untuk menuju titik kumpul, kebanyakan dari anggota yang berada di luar negeri ini kurang begitu memahami wilayah disekitar mereka.

Adalah Amy, anggota arpac yang sedang bekerja  di Taiwan. Dialah penggagas diadakannya kopdar sesama anggota anak rantau pacitan yang berada disana.
Sebelum ide ini muncul, Amy dibantu Diah Widyamurti  sebelumnya mencari informasi tentang ada tidaknya anggota arpac yang ada di Taiwan.

Diah (kiri) & Amy (kanan) 


Setelah beberapa waktu menggali informasi, ternyata didapati bahwa di negara tempat amy bekerja,  ada beberapa orang asal pacitan dan anggota arpac lainnya yang sama sama bekerja dinegara tersebut.

Keinginan  untuk mengumpulkan teman teman sesama anggota arpac atau yang berasal dari pacitan terwujud sebelum lebaran tahun 2017 kemarin.

Selain ingin bertemu langsung dengan mereka yang sebelumya hanya berinteraksi di media sosial, 
Kopdar kali ini dimaksudkan untuk memberi informasi bagi yang belum tau tentang keberadaan ARPAC. 

Bahwasanya ada sebuah organisasi paguyuban  berlatar belakang orang orang pacitan yang saat ini anggotanya sudah berada dimana mana termasuk mereka yang berada diluar negeri.


Menurut Amy, Agenda dari kopdar anak rantau pacitan yang berada ditaiwan adalah ajang untuk menyambung silaturahmi.
"Agendanya adalah temu  bareng sedulur Pacitan ,(kopdar).
dengan pokok inti nya adalah 

1. Nyambung jiwo ngraketaken paseduluran ditanah taiwan,

2. Pengalangan dana /baksos seikhlasnya untuk saudara saudara indonesia yang  membutuhkan, ter utama dari Pacitan"
Demikian penjelasan Amy melalui massanger  yang ditulis pada 11 Juni 2017 dilokasi kopdar Taman Taichung, Taiwan.

Setelah berhasil melaksanakan kopdarnya yang pertama, Amy dan diah berharap bisa mengadakan  kopdar lagi dilain waktu.

Dengan diadakannya kopdar pertama, mereka  menyebut  anggota disana  dengan jukukan arpac taiwan.

"Kami memakai atribut arpac disini, dan kamipun bagian dari arpac Nusantara, makanya kami menjuluki diri kami dengan sebutan arpac taiwan, yang artinya Anggota anak rantau pacitan yang berada ditaiwan". Tambah  Amy. 


Share on Google Plus

Penulis : Admin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

Gallery