ARPAC sosialisasi kesehatan : Donor Darah boleh dua bulan sekali - ARPAC

Breaking

ARPAC

Website Resmi Paguyuban Anak Rantau Pacitan Se - Nusantara

ARPAC sosialisasi kesehatan : Donor Darah boleh dua bulan sekali


Peserta sosialisasi donor darah | ARPAC | Foto : ARPAC
JAKARTA- Minggu (03/11/19) Puluhan peserta dari anggota Anak Rantau Pacitan ( ARPAC)  mengikuti sosialisasi kesehatan yang berkaitan dengan donor darah yang dilaksanakan di kantor PMI DKI Jakarta. 

     Dalam sosialisasi tersebut banyak pengetahuan dan informasi yang didapatkan dari para peserta tentang bergunanya kita mendonorkan darah bagi diri kita sendiri maupun orang yang mendapatkan donor. 

     Peserta bebas mengajukan pertanyaan kepada pemberi materi untuk menggali lebih dalam hal hal yang selama ini belum diketahui. 

      Jika selama ini peserta hanya sekedar mendonorkan darahnya dan mengetahui secara umum saja fungsi donor darah,  maka dalam kesempatan ini banyak sekali pengetahuan yang didapatkan. 

     Dr.  Rien Isti, sebagai salah satu pemberi materi memaparkan bahwa donor darah sangat banyak manfaatnya terhadap tubuh kita.  

     Selain hal hal umum yang dipaparkan, Dr. Rien juga menjelaskan perkembangan Tekhnologi  penelitian saat ini. 

     Jika selama ini donor darah hanya boleh dilakukan tiga bulan sekali bagi laki laki, penelitian terbaru  saat ini menjelaskan bahwa laki laki boleh mendonorkan darahnya dua bulan sekali.  
Menurut penelitian,  ternyata selama dua bulan laki laki sudah bisa menghasilkan sel sel darah yang matang dan jumlah dalam tubuh secara sempurna. 
Itu artinya darah yang diambil sudah mempunyai struktur sel  matang  yang bisa dipergunakan oleh orang lain.

Penelitian terbaru tersebut belum menemukan hal baru bagi kaum perempuan tentang perubahan jadwal donor darah yang diperbolehkan dari tiga bulan sekali.
Perempuan masih harus melakukan donor darah minimal tiga bulan sekali karena perbedaan hormon dan juga datangnya menstruasi tiap bulan yang menyebabkan kurangnya darah dalam tubuh.

     Setelah pemberian materi sosialisasi dan semua peserta sudah tidak ada pertanyaan, acara ditutup dan untuk peserta dilanjutkan mengikuti sonor darah sebagai salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan tiga bulanan selama ini.  

GND

No comments:

Post a Comment