ARPAC MALAYSIA


JOHOR - Berlabuh dinegeri orang untuk bekerja disana tentu bukan pilihan yang diinginkan oleh Gianto dan teman temannya.  Tuntutan untuk terus menjalankan roda kehidupan dimasa sekarang lantas memaksa pemuda asal Tegalombo Pacitan yang akrab dipanggil Dul ini harus meninggalkan keluarga nya dikampung menuju ke Malaysia. 

Mendaftar sebagai pekerja di Malaysia tentu bukan urusan mudah. Setidaknya dul dan beberapa yang lain harus menunggu kurang lebih dua tahun untuk bisa diberangkatkan menuju negeri Jiran tersebut.

Awal 2018 akhirnya dul dan teman temannya resmi penjadi tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja disalah satu perkebunan sawit milik Swasta di Malaysia.

Berpisah dengan keluarga dan hidup dinegeri orang, tentu tidak segampang dengan yang hanya bekerja di negeri sendiri. 

Beruntung, Dul tidak hanya sendirian bekerja di Malaysia. Beberapa karabat yang sama sama berasal dari Tegalombo Pacitan juga menjadi pekerja disana.

Selain pernah bekerja dibeberapa perusahaan yang ada di Indonesia, Dul sebelumnya juga aktif mengikuti perkumpulan organisasi ARPAC  ( Anak Rantau Pacitan ) yang ada di Jakarta. 

Berbekal kesukaanya ikut berorganisasi,  maka ketika bekerja di Malaysia dul berusaha untuk menggali informasi dan mengumpulkan orang Pacitan yang bekerja di Malaysia. 

Salah satu cara untuk mencari atau mengumpulkan orang Pacitan di Malaysia adalah dengan mengikuti Group Facebook Anak Rantau Pacitan yang dijadikan salah satu sumber informasi keberadaan ARPAC baik di Indonesia maupun di Luar Negeri. 

Setelah terkumpul informasi dimedia sosial, dul dan teman lain akhirnya sepakat untuk mengadakan Kopi Darat atau familiar disebut KOPDAR yang dilaksanakan tidak jauh dari tempat mereka bekerja.

Seperti pada Jum'at malam ( 10/08/2018)  dilaksanakan juga kopdar Pekerja Indonesia asal Pacitan yang ada di Malaysia dengan agenda utamanya adalah akan bergabungnya mereka dengan Organisasi ARPAC dengan tujuan  menjadikan Wadah  sebagai jalaan untuk menjalin tali silaturahmi warga Pacitan yang ada di Perantauan khususnya di Malaysia itu sendiri.

Kopdar kesekian kalinya ini diadakan di wilayah Zamrud, Kota Kahang, Provinsi Johor, Malaysia. 

Melalui sambungan komunikasi Whatsaap +62 822-1057-0948 Gianto berpesan apabila ada saudara Pacitan yang ada di Malaysia dipersilahkan untuk ikut serta mengikuti kopdar yang  dilaksanakan lain waktu.



ARPAC / GND 
Share on Google Plus

Penulis : Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

Gallery